Remote Desktop di Windows 7

Cara Remote Desktop di Windows 7. Apakah itu Remote Desktop? Pada sistem operasi windows 7 terdapat tool/fasilitas Remote Desktop Connection. Fasilitas ini berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh yang berada di jaringan, seolah olah komputer yang dikendalikan tersebut berada satu komputer dengan komputer yang sedang anda gunakan. Selain fasilitas Remote Desktop pada sistem operasi windows, banyak juga software remote desktop lainya seperti Radmin, UltraVnc dan masih banyak lagi yang lainnya.
Bagaimana Cara Remote Desktop di Windows 7 menggunakan Remote Dekstop Connection ?
Untuk melakukan remote desktop, terlebih dahulu kita harus menyetting komputer yang akan kita remote (Host). Berikut caranya menyettingnya :
  1. Masuk ke Windows Explorer atau tekan (Logo Windows + E).
  2. Kemudian Klik Kanan pada “Computer” dan pilih “Properties”. Terlihat seperti gambar dibawah ini  :
  3. 1
  4. Setelah itu Klik Tab Remote. Lalu pada bagian Remote Destopberikan tanda centang pada tulisan Allow users to connect remotely to this computer”. Klik Apply lalu Klik OK. Ketentuan settingan ini berlaku untuk semua komputer yang akan diremote (host/clientnya). Untuk me-remote komputer host/client kita harus tahu hostname/ip komputer dan user name komputer tersebut (Lokal) serta komputer client harus diberi password. Untuk mengetahui hostname klik artikel berikut “Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan”. Untuk “Select User” itu digunakan untuk memilih user yang diperbolehkan meremote komputer tersebut, konsep ini berlaku untuk jaringan yang sudah menggunakan Aktif Directory atau jaringan yang sudah menerapkan sistem Domain pada jaringannya.
  5. 2
  6. Nah setelah melakukan konfigurasi di atas, sekarang kita sudah dapat mlakukan remote desktop.
    Caranya buka menu Start > All Programs > Accessories >Communications > Remote Desktop Connection. Atau dengan cara masuk ke Run, ketikkan perintah “mstsc” dan akan muncul gambar dibawah ini  :
  7. 3
  8. Pada gambar diatas anda wajib mengisi alamat ip komputer yang akan diremote (client), username dan password. Pada contoh diatas “PUSINTEKPC2-36” merupakan hostname dan “pusintek” merupakan username. Setelah itu langkah terakhir yang kita lakukan Klik Connect.
  9. Selesai deh artikel Cara Remote Desktop di Windows 7. Semoga Bermanfaat yah. Terima Kasih.

Source

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s